Saturday 2 April 2016

Resep Rendang dan Cara Membuat Rendang

Resep Rendang dan Cara Membuat Rendang termasuk salah satu jenis makan yang berasal dari Sumatera Barat tepatnya kota Pandang. Siapa yang tak kenal rendang? pasti setiap orang tau makanan ini, dimana rendang dapat ditemui hampir di seluruh rumah makan padang, setiap acara keluarga bahkan setiap Hari Raya Lebaran.

Sama seperti Opor Ayam yang menjadi salah satu menu wajib saat Lebaran untuk tau bagaimana cara membuatnya anda dapat mengunjungi Resep Opor Ayam. Rendang memang mmenjadi salah satu makanan favorite banyak orang, karena memiliki rasa bumbu yang kuat dan khas serta rasa daging sapi yang empuk membuat siapapun akan menjadi lahap saat memakannya.

Rendang daging memang mempunyai banyak peminatnya di seluruh daerah bahkan di mancanegara, ada juga yang mengatakan rendang menjadi makanan terenak nomor 2 di dunia. rendang dapat diaplikasikan dengan berbagai varian biasa digunakan untuk olahan daging sapi, daging ayam, hati ampela ayam, daging bebek dan kambing serta lainnya.

Rendang juga terdiri dari tingkat-tingkatan bisa dilihat dari wujud makanan tersebut mulai dari basah dan berkuah hingga kering. Dengan proses pembuatan yang cukup lama sehingga membuat bumbu-bumbu meresap secara sempurna, hal tersebut buat rendang dapat bertahan cukup lama tanpa pengawet. 

Sebelum membuat rendang daging sapi, hal yang menjadi bahan pokok adalah daging sapi namun perlu cara khusus untuk mengolah daging sapi agar mempunyai tekstur empuk. Terdapat berbagai metode tradisional untuk membuat daging sapi menjadi empuk, 

1. Dengan menggunakan buah nanas
untuk membuat daging menjadi empuk anda dapat mebcoba metode ini, hal perta yang perlu dilakukan anda harus mencari buah nanas yang masih muda. Kemudian parut atau blender nanas tersebut lalu balurkan pada semua permukaan daging. Setelah itu diamkan sekitar 20-30 menit lalu cuci bersih daging tadi agar semua nanas hilang. Hal tersebut selain dapat membuat daging menjadi empuk juga dapat mebuat proses memasak menjadi lebih cepat matang.

2. Dengan menggunakan daun pepaya
ini dapat digunakan untuk berbagai jenis daging termasuk daging kambing, untuk menggunakan metode ini pertama anda dapat mencari daun pepaya kemudian anda dapat mengambil beberapa daun. Setelah itu anda dapat membungkus semua daging dengan daun pepaya tersebut, namun ada baiknya sebelum membungkus daging tersebut anda dapat memberikan bumbu-bumbu terlebih dahulu agar lebih meresap.

Setelah anda siap dengan daging sapi yang sudah empuk, maka anda dapat meneruskan tahap pembuatan makanan ini. Dalam kesempatan ini saya akan mengulas perihal resep Rendang dan cara membuat Rendang dan mudah-mudahan dapat berguna sehingga anda dapat langsung mempraktekkannya dirumah. 

Resep Rendang dan Cara Membuat Rendang

rendang
cara membuat rendang

Bahan-bahan yang perlu disiapkan
  •  Daging sapi sekitar 1 Kg 
  • Santan kental 1 liter
  • Santan encer 1 liter
  • Kentang baby 1 Kg (bisa anda gunakan/tidak disesuaikan dengan selera anda)

Bumbu-bumbu yang diperlukan
  • Bawang putih sekitar 10 buah
  • 2 ruas jahe yang telah dikupas dan dibersihkan
  • 3 ruas lengkuas
  • 1 ons cabai merah
  • 1 sendok teh merica
  • 1/4 butih pala
  • 5 buah kemiri
  • 2 sendok teh ketumbar yang telah disangrai lalu dihaluskan
  • 1/4 kelapa kecil parut lalu disangrai dan dihaluskan
  • 2 batang serai dan memarkan atau dikeprek
  • 2 lembar daun kunyit
  • 4 lembar daun jeruk
  • serta garam secukupnya
Cara membuat Rendang
  1. Haluskan dengan diulek manual atau blender semua bumbu yang diperlukan seperti bawang putih, jahe, lengkuas, cabai merah, merica, pala, kemir dan ketumbar
  2. Rebus santan encer lalu masukkan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan kemudian aduk perlahan-lahan
  3. Masukkan bumbu-bumbu pendukung seperti serai, daun kunyit, daun jeruk dan kelapa parut sambil terus aduk perlahan-lahan
  4. Setelah santan encer telah mendidih, anda masukkan daging yang telah disiapkan namun kali ini anda jangan terlalu sering untuk mengaduk karena dapat menyebabkan daging hancur jadi anda dapat mengaduk sesekali saja
  5. Masaklah terus hingga agak kering, kemudian masukkan santan kental dan juga kentang baby
  6. Masaklah dengan api yang kecil
  7. Aduklah perlahan dengan cara naik turun agar menjaga daging tidak hancur
  8. Tunggu hingga santan mengental atau seperti tidak berkuah, kemudian rendang telah siap untuk disajikan
Walaupun dengan mudah anda dapat membeli di rumah makan padang namun dengan membuat rendang sendiri dirumah pasti menjadi kebanggaan terlebih lagi jika keluarga anda menyukai olahan rendang buatan anda.

Demikianlah ulasan kali ini perihal resep Rendang dan cara membuat Rendang semoga dapat membantu serta menambah wawasan anda tentang olahan nusantara dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.