Thursday 15 September 2016

Resep Cara Membuat Pesmol Ikan Kembung | Bumbu Ikan Pesmol

Cara membuat pesmol ikan kembung sebetulnya cukup mudah dan masih bisa dikatakan simple. Waktu yang dibutuhkan dalam cara masak ikan pesmol pun, tak butuh waktu yang lama. Faktor-faktor tersebutlah yang membuat ikan pesmol kian digemari oleh khalayak umum di Indonesia.

Bilamana kamu ataupun anggota keluarga lainnya sudah cukup bosan dengan olahan masakan ikan pada umumnya, seperti contohnya pepes ikan mas ataupun gulai kepala kakap. Maka tak ada salahnya kamu mencoba ikan pesmol sebagai alternatifnya. Resep ikan pesmol sebetulnya termasuk dalam kuliner khas Sunda. Akan tetapi di Jakarta, adapula yang menganggap bahwa ikan pesmol dianggap sebagai menu wajib pada saat acara pernikahan. Ah, tetapi rasanya kita tak perlu ambil pusing dengan hal tersebut, terlepas dari itu semua yang menjadi kenyataannya adalah ikan permol juga termasuk dalam kuliner tradisional khas Indonesia. Sejogjanya kita pun haruslah tetap ikut berperan untuk melestarikannya. Rasa gurih, pedas, asam dan manis mampu membuat lidah bergoyang kala menyantapnya. Oleh karena itulah ikan pesmol memiliki cita rasa yang unik dan kuah bumbunya pun begitu menarik, sehingga mampu menggugah nafsu makan siapa pun yang melihatnya. Olahan pesmol sebetulnya dapat diapplikasikan dalam beberapa jenis ikan seperti contohnya pesmol ikan bandeng, pesmol ikan mas, pesmol ikan lele ataupun pesmol ikan gurame. Namun berbeda halnya kali ini saya mencoba mengulas tentang memasak pesmol ikan kembung.

Mungkin beberapa waktu yang lalu masih banyak dapat ditemui pada penjual makanan pinggir jalan yang menjajahkan ikan pesmol, akan tetapi pada dewasa ini rasanya sudah cukup sulit menemukan olahan ini. Entah mengapa penyebabnya? mungkin banyak faktor yang mempengaruhi banyak para penjual makanan yang sudah enggan berjualan makanan ini. Dikarenakan alasan tersebutlah, maka bagi kamu yang merasa rindu dengan masakan ini, ada baiknya agar kamu dapat membuatnya sendiri dirumah. Seerti pada penjelasan saya diawal, bahwasanya dalam cara buat pesmol ikan kembung tidaklah sulit. Karena semua bumbu dan bahan yang diperlukan sudah tak asing lagi bagi kamu. Tentulah tak ada kesulitan yang berarti ketika ingin membuatnya. Tertarik untuk mencobanya? tak ada salahnya, simak terlebih dahulu konten artikel saya kali ini.

Pada siang hari ini, saya mencoba mengulas perihal resep cara membuat pesmol ikan kembung atau bumbu ikan pesmol. Dalam resep kali ini, saya mencoba memberikan contoh dengan menggunakan satu ekor ikan kembung, yang nantinya kamu dapat kembangkan dan disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga kamu. Semoga kiranya dapat membantu dan berguna bagi kamu ataupun para pembaca budiman lainnya, yang ingin mencoba membuatnya sendiri dirumah.

Pesmol Ikan Kembung
cara membuat pesmol ikan kembung

Bahan perlu disiapkan
  • ikan kembung 1 ekor
Bumbu yang dierlukan
  • bawang putih 3 siung
  • cabai merah 3 buah
  • kemiri 6 butir
  • kunyit 1 potong
  • jahe 1 potong
  • lengkuas 1 potong
  • daun salam 2 lembar
  • minyak goreng secukupnya
  • garam secukupnya
  • gula merah secukupnya
Cara membuat
  • pertama bersihkan ikan dari sisiknya.
  • kemudian lumuri dengan asam dan sedikit garam, lalu goreng dan tiriskan.
  • semua bumbu terkecuali daun salam dan lengkuas dihaluskan, kamudian tumis hingga harum dan berilah sedikit air kaldu secukupnya.
  • setelah mendidih, masukkan ikan dan masak hingga warnanya kekuningan.
  • bila kamu ingin menyajikannya, boleh tambahkan irisan cabai merah dan cabai rawit yang telah digoreng terlebih dahulu.
Cukup mudah bukan? ya, memang dalam resep bumbu ikan pesmol yang akan digunakan cukup familiar sekali. Tak butuh teknik ataupun bumbu khusus dalam mengolahnya. Dikarenakan alasan tersebutlah, saya rasa siapapun akan bisa membuatnya dirumah. Sajikan pesmol ikan kembung buatan kamu dengan nasi hangat kala waktu makan siang, pastinya akan terasa lebih nikmat waktu berkumpul makan bersama seluruh anggota keluarga kamu. Banyak hal yang dapat membangkitkan memory akan suasana nostalgia, salah satunya ialah dengan cara menyuguhkan beberapa masakan tradisional khas Indonesia. Nilai plus lainnya adalah kamu dapat ikut sedikit berperan untuk tetap melestarikannya dan memperkenalkan pada generasi selanjutnya. 

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal resep cara membuat pesmol ikan kembung atau bumbu ikan pesmol. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat dijadikan sumber referensi bagi kamu ataupun para pembaca budiman lainnya, tentang aneka resep makanan rumahan yang bercita rasa lezat nan bergizi dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.