Sunday 3 April 2016

Resep Nasi Liwet dan Cara Membuat Nasi Liwet

Resep Nasi Liwet dan Cara Membuat Nasi Liwet merupakan makanan khas daerah Bogor, Bandung dan Solo. Nasi liwet memang banyak disukai oleh banyak orang, karena memiliki rasa yang gurih dan dilengkapi dengan berbagai lauk pauk seperti ikan teri, ayam bakar, sambel serta aneka lalapan akan sangat menggugah siapapun untuk langsung menyantapnya selagi hangat.

Nasi liwet dalam masyarakat Sunda sudah menjadi kewajiban untuk menghidangkan makanan ini dalam acara-acara besar namun untuk saat ini nasi liwet sudah bisa dinikmati kapan pun. Nasi liwet sebenarnya merupakan beras yang dimasak dengan menggunakan air hingga matang, sama seperti memasak nasi pada umumnya. Hanya saja pada resep nasi liwet, anda harus menambahkan bumbu-bumbu atau bahan lainnya sehingga dapat menghasilkan nasi yang gurih dan juga lebih pulen. Sebelum lanjut anda juga dapat membaca juga cara membuat asam manis ikan pindang yang dapat dipadukan sebagai lauk tambahan dalam olahan nasi liwet anda.

Dalam siang ini, saya akan coba mengulas perihal resep Nasi Liwet dan cara membuat Nasi Liwet semoga dapat berguna bagi anda. Dalam penerapannya nanti saya akan memberikan tutorial memasak nasi liwet khas Sunda menggunakan rice cooker atau magiccom agar lebih praktis dan juga efisien.

Resep Nasi Liwet dan Cara Membuat Nasi Liwet

nasi liwet
cara membuat nasi liwet

Bumbu-bumbu Nasi Liwet yang perlu disiapkan
  • Beras 1 Kg
  • Ikan teri 1 ons (anda dapat ganti dengan ikan asin sesuai selera)
  • Daun salam 5 lembar
  • 2 batang serai (dimemarkan/dikeprek)
  • Penyedap rasa sachetan (bisa rasa ayam/sapi)
  • Garam secukupnya
  • 3 buah bawang putih (dimemarkan/dikeprek)
Bahan-bahan pelengkap yang diperlukan
  • Pete bakar
  • Ikan bakar (bisa ada/tidak disesuaikan dengan selera anda)
  • Tumis jengkol (bisa diganti juga semur jengkol)
  • Tahu dan tempe goreng
  • Aneka jenis lalapan seperti timun, tomat, terong bulat, kol, selada dan lain sebagainya
  • Sambel terasi (bisa diganti dengan sambal lainnya sesuai dengan selera anda)
  • Tumis kangkung, untuk penjelasan lebih jelas anda dapat membaca cara membuat tumis kangkung
Cara Membuat Nasi Liwet
  1. Kupas dan tumis bawang putih hingga harum
  2. Cuci beras hngga bersih
  3. Selanjutnya masukkan beras dan juga air bersih ke dalam rice cooker namun dalam membuat Nasi Liwet anda perlu air lebih banyak dibandingkan memasak nasi biasa, anda dapat menambahkan air hingga sekitar 2 ruas tangan
  4. Setelah itu anda masukkan kembali bumbu-bumbu seperti daun salam, sereh, penyedap rasa, bawang putih yang telah disangrai serta garam secukupnya
  5. Biarkan dan tunggu nasi agak matang, kemudian aduk hingga bumbu-bumbu tercampur merata
  6. Lalu masukkan ikan teri dengan dilapisi bagian bawahnya dngan daun pisang sebagai pembatas dan biarkan hingga nasi matang secara sempurna
  7. Kemudian angkat nasi dan hidangkan dengan bahan-bahan pendukung lainnya seperti ayam bakar, ikan bakar, pete bakar, jengkol, aneka lalapan serta sambal.
Setelah serangkaian tahap maka nasi liwet pun telah siap untuk disajikan, agar makan tambah nikmat anda juga dapat padukan dengan kerupuk dijamin akan menambah seru acara makan bersama anda. Menyantap nasi liwet memang sangat pas jika dihidangkan selagi masih hangat dan ditambah dengan suasana riuh serta canda tawa akan makin menambah seru acara makan bersama anda.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal resep Nasi Liwet dan cara membuat Nasi Liwet semoga dapat berguna serta menambah wawasan anda tentang aneka masakan rumahan nusantara dan Selamat Mencoba.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.