Saturday 6 August 2016

Resep Es Cara Mudah Membuat Es Kacang Merah

Es Kacang Merah, merupakan salah satu jajanan tradisional yang sudah ada sejak lama. Mengingat cuaca yang cukup terik pada akhir ini rasanya sangat pantaslah jika menyantap sajian ini. Rasa segar es dan manisnya sirup akan terasa begitu nikmat kala masuk kedalam mulut. 

Minuman ini berasal dari kota Palembang, namun terdapat juga di Manado. Sepintas es yang berasal dari ke dua daerah ini memiliki kesamaan bentuk, mungkin karena berasal dari satu bahan olahan yaitu kacang merah. Namun jika diperhatikan lebih rinci tetap ada perbedaan yang meletak pada keduanya. Biasanya jenis es yang berasal dari Manado diberikan bahan tambahan berupa kayu manis. Kemudian kayu manis direbus bersama dengan kacang merah. Konon dengan cara pengolahan seperti itu akan tercipta rasa yang lebih nikmat. Mungkin agar dapat merasakannya langsung, jika kamu kebetulan sedang melancong di kedua kota tersebut, sambil menikmati wisata kota Palembang ataupun wisata Manado cobalah untuk sempatkan mencicipi kuliner ini. Menurut kamu lebih lezat yang mana, saya kembalikan terhadap selera masing-masing.

Ya, mungkin seperti yang telah kalian ketahui bersama bahwa minumnan ini selain memiliki rasa lezat juga mengandung bahan-bahan yang bergizi sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Karena mengandung susu dan kacang merah. Kedua bahan utama tersebut memang memiliki kandungan nilai gizi yang sangat baik, sebagai contoh berikut adalah manfaat dari kacang tanah.
  1. Baik bagi kesehatan jantung.
  2. Menurunkan kolestrol.
  3. Mencegah stoke.
  4. Sumber protein.
  5. Mencegah kanker dan menyehatkan pencernaan.
  6. Mengandung zat besi.
  7. Mengoptimalkan memori otak.
  8. Mengontrol kadar gula.
  9. Kaya antioksidan.
Dewasa ini sudah ada rumah makan ataupun restoran pada kota-kota besar yang menyediakan menu minuman ini, kendati memang masih cukup jarang ditemui. Namun kamu tak perlu khawatir, kamu pun dapat membuat es kacang merah ini sendiri dirumah. Sebetulnya dalam resep membuat es kacan merah ini tidaklah begitu rumit, bahan-bahan yang digunakan pun sifatnya umum sehingga kamu dapat dengan mudah menemukannya. Tertarik untuk mencobanya? simaklah dalam konten artikel saya kali ini.

Pada siang hari ini saya mengulas perihal resep es cara membuat es kacang merah. Dalam prosesnya nanti, saya akan mengkhususkan untuk membuat 4 gelas. Semoga nantinya ulasan yang akan disampaikan dapat manfaat dan membantu bagi kamu, yang ingin mencoba membuatnya dirumah.

es kacang merah
es kacang merah ala rumahan

Bahan yang perlu disiapkan
  • Kacang merah kalengan 200 g
  • Santan kental 200 ml, dari 1 butir kelapa
  • Sirop merah/cocopandan 200 ml
  • Susu cair 150 ml
  • Es batu secukupnya, serut
Cara membuat 
  • Pertama susun kacang merah dalam gelas saji.
  • Kemudian tuangkan santan dan sirop.
  • Masukkan es batu dan tambahkan susu.
 *Tips
  1. Kacang merah kalengan dapat diganti dengan kacang merah segar, namun harus direbus terlebih dahulu. 
  2. Bila kamu menggunakan kacang merah segar tersebut, agar lebih lunak rendam semalaman sebelum direbus . 
  3. Jika suka, bisa ditambahkan kelapa muda dan avokad.
Cukup mudah dan simple bukan? ya, memang cara buat es kacang merah terbilang tidaklah sulit. Tentunya kamu akan dapat membuatnya dirumah. Dimana kamu cukup mengikuti resep membuat es kacang merah, pasti kamu tak akan mengalami kesulitan berarti. Kamu dapat menambahkan juga berbagai bahan pelengkap seperti contohnya cincau, tape, dawet ataupun buah nangka. Tentu kian menambah nikmat kala menyantapnya. Sajikan minuman ini saat berkumpul keluarga dirumah. Tentu akan membuat suasana ceria dan lebih harmonis. Kamu pun dapat berbangga hati karena dapat memberikan varian menu baru yang bercita rasa lezat nan bergizi.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal resep es cara mudah membuat es kacang merah. Semoga apa yang telah disampaikan dapat berguna dan menambah wawasan bagi kamu, tentang berbagai rese aneka makanan rumahan dan selamat mencoba dirumah.

Kamu dapat juga membaca cara membuat es kopyor dan cara membuat es krim bakar.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.