Monday 8 August 2016

Resep Bahan Bikin | Cara Membuat Puding Ketan Hijau

Cara membuat puding merupakan panganan yang serupa tak jauh berbeda dengan agar agar. Memiliki bentuk tampilan yang beraneka ragam warna dan banyak memiliki varian jenis, hal tersebut tak khayal membuat kian puding semakin populer. Dewasa ini mungkin kah masih ada yang belum mengenal panganan ini? ya, saya rasa mungkin hampir semua orang tau dan gemar menyantap puding. Tentu hal tersebut di rasa sangat wajar, karena memang rasa lembut dan manis akan begitu terasa kala kamu menyantapnya.

Puding merupakan salah satu hidangan penutup atau dessert yang kian populer, biasanya di buat dengan cara kukus, rebus bahkan dipanggang. Sekedar sebagai tambahan wawasan kamu dan juga para pembaca lainnya, hidangan ini sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Menurut sejarah awal asal usulnya, sekitar abad ke-17 makanan ini sudah dikenal di Inggris. Memiliki pakem untuk resep bahan membuat berupa campuran daging dan dimasukkan dalam kantong sehingga menyerupai sosis. Kemudian istilah puding muncul dari Perancis yaitu 'boudin' yang memiliki arti 'sosis dara', cukup seram ya mendengarnya. Di tanah Britania Raya, istilah puding sering digunakan untuk hidangan penutup, yang dalam cara pembuatan berasal dari bahan telur dan tepung. Melihat dari kacamata sejarah awalnya, maka dapat disimpulkan bahwa pada awalnya cara buat puding bukan seperti yang kita kenal saat ini. Jelas sekali perbedaannya bukan?

Seiring berjalannya sang waktu, panganan ini pun terus mengalamai transisi dari segi tatanan buat puding serta bahan-bahan dasar yang akan digunakan. Khususnya di Amerika pada abad ke-19, barulah muncul sebagai cikal bakal yang hampir menyerupai dengan resep puding yang kita kenal pada saat ini. Mereka menggunakan bahan puding dengan campuran tepung, maizena dan bubuk agar. Semenjak saat itu, resep puding dengan konsep membuat seperti itu mulai disebarkan ke seluruh kawasan termasuk di Asia. Kemudian semenjak kemunculan gelatin, jelly dan agar-agar. Mulailah puding disajikan dengan di dinginkan terlebih dahulu, kemudian diberikan saus berupa vla.

Selaras dengan kemajuan jaman, tampilan hidangan ini mulai dikemas kian lebih menarik. Jika sebelumnya hanya memiliki satu warna atau polos. Tampilannya telah dikreasikan dengan berbagai isian dan memiliki berbagai variasi warna, kemudian sebagai sentuhan akhir diberikan berbagai varian toping. Sehingga membuat puding lebih menarik dan membuat selera meningkat untuk segera menyantapnya. 

Resep membuat puding pada masa modern saat ini, terdiri dari bahan susu atau yogurt, tepung maizena, tapioka, telur. Setelah itu berbagai campuran berbahan manis seperti cokelat, karamel, vanilla ataupun aneka buah-buahan. Kemudian untuk puding agar agar, cukup menambahkan bahan agar agar dan diberikan siraman saus vla dibagian atasnya. Dengan cara memasak puding demikianlah maka akan menghasilkan aneka puding, seperti pada saat ini.

Sebagai salah satu contoh perkembangan dari berbagai aneka puding adalah puding ketan hijau. Sebetulnya proses pembuatan tak jauh berbeda dengan cara buat puding pada umumnya. Hanya saja ditambahkan bahan tapai ketan hijau dan santan dalam prosesnya. Setelah saat ini kamu sudah cuku mengetahui tentang serba serbi hidangan ini. Bagaimana, tertarik untuk membuat puding ketan hijau sendiri dirumah? ya, kamu dapat menyimaknya dalam konten artikel saya kali ini. Bukan bermaksud menyombongkan diri atau bersifat menggurui, itu sangat jauh dari dalam benak saya. Memang pada masa cerdas seperti saat ini, sudah banyak ditemui buku resep makanan dari para ahli kuliner yang membahas tentang tata cara membuat puding. Namun rasanya dengan segala keterbatasan saya, ingin rasanya diri ini mencoba memberikan tambahan sedikit saja. Semoga dapat layak diterima oleh kamu dan para pembaca lainnya.

Pada siang hari ini saya mencoba mengulas perihal resep bahan bikin atau cara membuat puding ketan hijau. Dimanan nanti dalam prosesnya, saya mengkhususkan untuk membuat 8 porsi. Semoga apa yang nantinya akan disampaikan dapat berguna dan bermanfaat bagi kamu, yang ingin mencoba membuatnya dirumah.
puding ketan hijau
membuat puding ketan hijau

Bahan vla
  • Susu cair 300 ml
  • Gula pasir 100 g
  • Kuning telur 1 butir
  • Tepung maizena 30 g
Bahan puding 
  • Tapai ketan hijau 200 g
  • Agar-agar putih 7 g
  • Gula pasir 100 g
  • Susu/santan cair 700 ml
  • Cokelat putih 50 g
  • Kuning telur 2 butir
  • Pewarna makanan hijau 1 sendok teh
Cara membuat

1. Vla
  • Pertama masaklah susu cair dan gula pasir hingga mendidih.
  • Di wadah lainnya, campur maizena dengan kuning telur lalu aduk rata.
  • Masukkan campuran maizena tersebut ke susu cair mendidih, aduk rata. Setelah dirasa cukup, angkat dan dinginkan.
 2. Puding
  • Campurkan agar-agar, gula pasir, susu, cokelat putih dan kuning telur. Kemudian masaklah hingga mendidih.
  • Masukkan pewarna makanan dan tapai ketan hijau, aduk rata kembali.
  • Setelah dirasa cukup, angkat dan tuangkan ke cetakan.
  • Biarkan agar dingin sejenak, kemudian masukkan dalam lemari es hingga mengeras.
3. Jika dirasa cukup, keluarkan puding dari lemari es dan berikan siraman saus vla sebelumnya.

Cukup mudah bukan? ya, seperti yang telah disampaikan bahwa dalam cara buat puding ketan hijau tak perlu teknik ataupun resep bahan khusus. Bahkan proses cara bikin puding untuk variasi ini, terbilang simple dan tak membutuhkan waktu yang lama. Kamu pastinya tak akan menemukan kesulitan yang berarti dalam mempraktekkannya. Sajikanlah puding ketan hijau buatan kamu, pada anggota keluarga tercinta. Tentu akan memberikan kebahagian lebih dan kamu pun dapat berbangga hati karena sudah dapat memberikan berbagai varian menu makanan yang lezat nan bergizi pada keluarga.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal resep bahan bikin atau cara membuat puding ketan hijau. Semoga apa yang telah disampaikan dapat membantu dan menambah wawasan bagi kamu, tentang beragam aneka resep makanan rumahan dan selamat mencobanya dirumah.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.