Tuesday 2 August 2016

Resep Cepat Cara Mudah Membuat Kwetiau Goreng Sapi

Kwetiau Goreng salah satu panganan yang cukup populer ditengah masyarakat Indonesia. Pasalnya selain memiliki rasa yang lezat, sudah banyak para penjual makanan ini manapun kamu berada. Biasanya para penjual ini menjualnya bersama dengan nasi goreng dan mie goreng.

Pada awal mula sejarah perkembangan makanan ini ialah berasal dari keturunan etnis chinnes. Berbahan beras dan memiliki tekstur kenyal, begitu lezat kala menyantapnya. Karena berasal dari keturunan tersebut, maka makanan ini lebih banyak ditemukan pada daerah pemukiman etnis keturunan tionghoa dan Tio Ciu. Dalam pengolahannya, masakan ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu goreng dan rebus. Masing-masing mempunyai kelezatan tersendiri bagi para penggemarnya. 

Di Indonesia, kwetiau memiliki nama yang berbeda-beda, hal tersebut terkait dengan cara penyajiannya. Pada Pulau Sumatera, khususnya kota Medan contohnya di kota ini terkenal dengan kwetiau medan. Berbahan campuran bakso ikan, sosis babi dan telur bebek. Sedangkan di Kalimantan, terkenal dengan kwetiau sapi yang menggunakan campuran daging sapi dan jura babat/jeroan. Dalam perkembangannya dapat di temukan pula di kota Bagansiapiapi, Riau. Pada kota ini terkenal dengan kwetiau bagan.

Taukah kamu, bahwa pada awalnya makanan ini dibuat oleh para kaum buruh dan menjualnya khusus pada buruh lainnya. Selain itu juga dijual oleh para petani pada malam hari, yang menggunakan sisa sayuran, daging dan digoreng menggunakan lemak babi.

Karena Indonesia memiliki mayoritas masyarakat beragama muslim, secara otomatis hal tersebut juga berpengaruh terhadap perkembangan makanan ini. Dimana dari resep membuat kwetiau awalnya menggunakan campuran berbahan daging babi dan kaldu babi. Namun makanan ini telah bertransformasi menggunakan bahan-bahan lain, agar dapat dinikmati seluruh masyarakat hingga sekarang.

Cara membuat kwetiau bukanlah hal yang sulit, terlebih jika kita perhatikan para penjualnya. Dengan cekatan dan begitu terampil dalam membuat makanan ini. Tak butuh waktu lama, bahkan mungkin kurang dari 30 menit saja. Ya, berdasarkan hal tersebut membuktikan bahwa memang tak terlalu sulit. Kamu pun dapat dengan mudah membuatnya dirumah. Terarik mencobanya dirumah? coba simak dalam artikel saya kali ini.

Pada malam hari ini saya mencoba mengulas perihal resep cepat cara mudah membuat kwetiau goreng sapi. Dalam prosesnya nanti, saya mengkhususkan pembuatan untuk 4 porsi. Semoga apa yang disampaikan dalam ulasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kamu, yang ingin mencoba membuatnya dirumah.
kwetiau goreng
kwetiau goreng sederhana
 
Bahan yang perlu disiapkan
  • Kwetiau 500 g
  • Daging sapi/ayam 200 g, potong kasar
  • Telur 2 butir
  • Taoge 100 g
  • Sawi hijau 100 g, potong kasar
  • Kubis 100 g, cincang kasar
  • Kecap manis 4 sendok makan
  • Kecap asin 1 sendok makan
  • Minyak goreng 5 sendok makan
  • Kaldu ayam 2 sendok makan
  • Gula pasir 1 sendok teh
Pelengkap
  • Bawang goreng
 Cara membuat 
  • Pertama panaskan 3 sendok minyak, tumis daging hingga berubah warna lalu sisihkan.
  • Panaskan kembali 2 sendok makan minyak, goreng telur, taoge, sawi hijau, kubis dan kwetiau selama sekitar 2 menit sambil terus aduk.
  • Masukkan daging sebelumnya, lalu aduk rata kembali.
  • Tambahkan kecap asin, gula pasir, kaldu dan kecap manis, aduk rata kembali. Terus masak hingga benar-benar matang.
  • Jika dirasa sudah matang, siapkan piring saji dan taburi dengan bawang goreng. Maka kwetiau pun siap untuk disajikan.
Cukup mudah dan cepat bukan? ya, memang dalam proses buat kwetiau goreng sapi tak memakan waktu yang lama. Sehingga saya rasa, kamu tak akan mengalami kesulitan yang berarti. Sajikan kwetiau goreng sapi buatan kamu, pada keluarga tercinta. Kamu juga dapat mengkreasikannya dengan menggunakan bahan lain seperti udang, cumi, sosis, hati ampela ayam, bakso dan lainnya. Memang betul, cukup membeli pada para penjual saja akan terdengar lebih praktis. Namun hal tersebut sangat bertentangan, bila berbicara tentang kepuasan. Dengan bisa menyajikan buatan kamu sendiri, tentunya akan terasa lebih spesial dan membanggakan. Terlebih jika cita rasanya lebih lezat.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal resep cepat cara mudah membuat kwetiau goreng sapi. Semoga dapat membantu dan menambah wawasan kamu, perihal aneka resep makanan rumahan bercita rasa lezat nan bergizi dan selamat mencoba dirumah.

Kamu dapat membaca juga cara membuat matabak kubang dan cara membuat lasagna.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.