Sunday 7 August 2016

Resep Mudah | Cara Membuat Dimsum ala Rumahan

Cara membuat dimsum sebetulnya cukup mudah. Tak seperti yang kamu bayangkan. Pertama apa mungkin masih ada yang asing dengan makanan ini? hmm, saya rasanya tak mungkin. Pasalnya dimsum cukup populer di Indonesia, rasa lembut dan aneka isiannya terasa begitu lezat kala menyantapnya. Terlebih tamppilannya yang memiliki kesan imut dengan berbagai bentuk membuat siapa pun tak sabar dibuatnya untuk segera menyantapnya.

Dimsum adalah makanan yang diolah dengan dikukus, goreng ataupun panggang. Memiliki banyak varian isian dan diletakkan dalam wadah kukus bambu, agar panasnya tetap terjaga. Panganan ini termasuk salah satu seni kuliner negeri Tiongkok, Chinna. Panganan dari negeri tirai bambu memang dikenal dengan berbagai macam varian serta kelezatannya, contoh kuliner khas lainnya seperti bebek peking, Fuyunghai, Capcay serta masih banyak lagi lainnya. Dimsum ini begitu populer, terlebih bagi negara-negara yang banyak pengaruhi dengan kebudayaan negara bambu tersebut, sepeti contohnya Singapura, Hongkong, Taiwan dan termasuk Indonesia. Dimsum memiliki arti secara harafiah yaitu menyentuh hati, disajikan sebagai makanan ringan kala sarapan atau teman pada saat minum teh pait khas Chinna bersama. Karena kebiasaan tersebut maka muncul lah sebuah istilah khusus disebut 'yumcha'. Konon teh tersebut mampu dipercaya menetralisir kandungan lemak yang banyak terkandung dalam dimsum. 

Jika melihat perkembangan sejarah makanan ini, bahwa telah diketahui makanan ini telah berumur ribuan tahun yang lalu atau tepatnya muncul pada zaman Dinasti Han sekitar 206 SM - 220 SM. Tercatat asal usul cemilan ini berasal dari 'Jalur Sutra' khususnya pada Asia Tenggara. Dimana dahulu kala, jalur ini merupakan jalur terpadat yang sering digunakan dalam padangan. Banyaknya para pedagang, musyafir, petani, ataupun buruh yang berlalu-lalang kerap beristirahat dan mampir ke kedai-kedai untuk minum teh dan menyantap makanan ringan dikawasan ini. Banyaknya kedai-kedai yang menawarkan cemilan jenis ini membuat lambat laun berubah menjadi suatu kebiasaan kala itu, tak heran jika dimsum dikatakan masuk dalam salah satu kebudaan yang ada di Chinna.

Membuat dimsum, seperti pernyataan saya pada awal artikel. Memang tidaklah sulit, terbilang cukup simple. Bahkan untuk bahan-bahan resep membuat dimsum pun cukup umum sifatnya, sehingga saya rasa tak ada kesulitan berarti dalam prosesnya. Seperti yang telah diketahui khalayak umum, bahwa dimsum memiliki banyak pilihan menu isian. Contohnya ialah udang rebus, telur gulung goreng, paprika hijau, roti bola isi talas, hakaw, bakpaw, siomay, udang tim, chi jong feng atau lumpia basah isi daging sapi, ceker ayam dan masih banyak lagi lainnya. Kemudian untuk dimsum jenis goreng biasanya seperti bentoel isi ayam, lumpia udang balut nori dan kue tatak (berupa menyerupai kue pie namun diisi kuning telur pada bagian atasnya). 

Setelah kamu mengetahui serba serbi seputar makanan ini, bagaimana pernasaran untuk mengetahui proses membuatnya? kamu dapat menyimak dalam konten artikel saya kali ini. Walaupun saya akui dalam pembahasan ataupun pengemasan tulisannya masih jauh dari kata sempurna, namun tak ada salahnya bukan sekedar untuk berbagi informasi. Bukan untuk sesuatu yang disombongkan ataupun bersifat menggurui. Itu merupakan sangat jauh tak terpikirkan oleh saya, namun seperti curahan hati saya sebelumnya yang bertujuan hanya sekedar untuk sharing belaka saja.

Pada malam hari ini, saya mencoba mengulas perihal resep mudah atau cara membuat dimsum ala rumahan. Dalam prosesnya nanti, saya mengkhususkan untuk membuat 4 porsi. Semoga apa yang nantinya akan disampaikan dapat sekiranya bermanfaat dan diterima bagi kamu ataupun para pembaca sekalian. 
dimsum
membuat dimsum rumahan
Bahan untuk kulit
  • Tepung tang mien 100 g
  • Tepung sagu 75 g
  • Air mendidih 200 ml
Bahan untuk isi yang diaduk rata
  • Udang 150 g, kupas kulit & potong kasar
  • Gula pasir 1 sendok teh
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Tepung sagu 1 sendok teh
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Minyak wijen 1/2 sendok teh
  • Minyak ayam 1 sendok teh
Cara membuat

1. Kulit
  • Aduk rata tepung tang mien dan tepung sagu.
  • Tuang air sambil aduk rata.
  • Kemudian uleni hingga menjadi kalis.
2. Setelah itu, ambil 1 sendok makan adonan kulit, lalu gilas hingga halus.
3. Masukkan adonan isi 1 sendok makan dan rapatkan. Ulangi proses tersebut hingga adonan kulit
    dan isi habis.
4. Kemudian didihkan air, lalu kukus selama 10 menit.

*Tips
  • Simpan adonan isi di lemari es selama 15 menit sebelum digunakan.
  • Agar adonan kulit tak mengering, masukkan ke plastik sebelum digunakan.
  • Tepung tang mien dapat dibeli di toko bahan kue.
Bagaimana, cukup mudah bukan? ya, seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya. Bahwa dalam cara membuat dimsum, tak perlu teknik khusus dan proses pembuatannya pun tak membutuhkan waktu yang panjang. Dalam resep membuat dimsum ala rumahan ini pun, bahan serta bumbu-bumbu saya rasa dapat dengan mudah didapat. Sehingga kamu pastinya dapat membuat dimsum ala rumahan yang sederhana namun memiliki cita rasa nan lezat. 

Sajikan dimsum buatan kamu, pada keluarga tercinta dirumah kala bersantai dan menikmati secangkir teh hangat pastinya akan menambah kesan seru dan nikmat menyantapnya. Kamu pun dapat berbangga hati daat membuat sajian menu baru, bagi orang-orang terkasih.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal resep mudah atau cara membuat dimsum ala rumahan. Semoga apa yang telah disampaikan dapat membantu dan menambah wawasan bagi kamu, tentang berbagai aneka resep makanan rumahan yang bercita rasa lezat nan bergizi dan selamat mencobanya dirumah.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.