Sunday 7 August 2016

Resep Cara Membuat Crepes ala Rumahan | D Crepes

Cara membuat crepes sebetulnya tak sulit. Namun sebelum lanjut lebih jauh, apa itu crepes? mungkin bagi kamu yang belum mengetahuinya, saya coba jelaskan secara singkat. Hidangan ini memang tengah populer pada kota-kota besar di Indonesia. Tak mengherankan memang, pasalnya selain mempunyai bentuk tampilan yang cantik menggugah selera dan mempunyai rasa yang manis. Terdapat pula berbagai varian isi yang semakin menarik minat untuk menyantapnya.

Apa itu crepes? ialah merupakan salah satu jenis roti yang dibuat dengan tipis, bahan utama pembuatannya adalah tepung terigu, kemudian diberikan aneka isian dan dilipat membentuk segitiga. Pada awal sejarah kemunculan makanan ini, menurut beberapa sumber ada yang mengatakan bahwa sajian ini telah berumur ribuan tahun yang lalu. Dimana sudah sejak 9000 tahun yang lalu orang telah menyantap berbagai varian dari sajian ini. Oleh karena itu lah, hidangan ini termasuk dalam hidangan terpopuler di seluruh belahan Eropa. Perihal asal usulnya memang masih simpang siur, banyak negara yang mengklaim sebagai tempat kelahirannya. Pada akhir abad ke-18, Universal Directory mengungkapkan bahwa di Irlandia kala itu masyarakatnya konon sering menyantap makanan jenis pastry ini pada acara 'Mardi Gras'. Kemudian pada tahun 1390 terdapat buku yang berjudul Manger de Paris, menyatakan bahwa hidangan ini berasal dari Perancis. Dalam buku tersebut dijelaskan pula tentang resep cara membuat crepes, yang memperkuat statement tersebut. 

Pada masa kepopuleran hidangan ini ialah saat crepes pernah dijadikan sebagai makanan pokok dalam masa paceklik, kemudian pada akhir abad ke-19, barulah muncul roti yang menggantikan posisinya. Meskipun demikian, tetap saja makanan ini tetap disara spesial oleh warga Perancis. Dalam pperkembangannya barulah pada abad ke-20, dibuat kios-kios yang menjajahkan sajian ini yang ikut mendongkrak sektor pariwisata negara ini. Dewasa ini, jajanan ini cukup mudah ditemukan di Indonesia, jika pada awalnya dihidangkap sebagai makanan penutup hotel berbintang atau restoran ternama. Maka saat ini sudah banyak dijual pada kios-kios yang terdapat dalam sebuah pusat perbelanjaan atau mal. Bahkan dipinggiran jalan pun sudah banyak yang menjajahkan makanan ini dengan sistem frinchise atau waralaba. Sehingga kian membuat makanan ini dikenal oleh masyarakat secara menyeluruh.

Dalam proses pembuatannya, sebetulnya memang tidaklah terlalu sulit. Kendati demikian tetap dibutuhkan ketelitian untuk mencampur dan mengolah adonan agar tidak menggumpal. Pasalnya jika adonan yang akan digunakan tidak sempurnya, tentunya akan tidak menghasilkan rasa renyah dan lembut. Selain faktor itu, dalam proses memasaknya pun dibutuhkan ketelitian. Karena jika wajan atau plat teflon yang digunakan terlalu kering, maka akan menyebabkan lengket. Kemudian bila keadaannya terlalu banyak minyak pun, dapat menyebabkan adonan tidak menempel dengan seruppa atau mengambang. Melihat kondisi demikian, kamu pak perlu pusing atau berkecil hati. Karena dalam konten artikel kali ini, saya mencoba memaparkan bagaimana cara membuat crepes secara detail. Memang saya akui masih terlalu dini bagi saya untuk memberikan panduan, apa lagi diklaim menggurui. Tentu hal itu jauh dari pikiran saya, namun mengingat begitu kian menjadi favoritenya olahan ini, rasanya sekedar sharing saja. Kiranya dapat diterima oleh kamu dan para pembaca lainnya. Tertarik untuk mencoba membuat crepes ala rumahan sendiri? simak dalam panduan berikut ini.

Pada sore hari ini, saya akan mencoba mengulas perihal resep krepes cara membuat crepes ala rumahan atau d crepes. Dalam prosesnya nanti, saya mengkhususkan untuk membuat 8 porsi. Semoga apa yang nantinya akan disampaikan, dapat dipahami dan dijadikan sumber referensi tambahan bagi kamu, yang ingin mencoba membuatnya dirumah.

crepes rumahan
crepes ala rumahan

Bahan kulit
  • Terigu protein rendah 140 g
  • Tepung beras 60 g
  • Tepung tapioka 120 g
  • Baking powder 3 g
  • Air 600 ml
  • Gula halus 8 sendok makan
  • Garam 1 sendok teh
  • Margarin 60 g, cairkan
  • Telur 2 butir
 Bahan isi
  • Cokelat meses 50 g
  • Keju 50 g, parut
 Cara membuat
  • Campur semua bahan kulit hingga rata, lalu diamkan selama 15 menit.
  • Dadar adonan kulit dengan api kecil hingga matang, taburi bagian atas permukaannya dengan bahan isi.
  • Lipat menjadi segitiga. Setelah itu angkat dan sajikan.
*Tips
  1. Agar kulit lebih renyah, jangan buat terlalu tebal.
  2. Jika suka, bahan isi bisa ditambahkan dengan daging dan sayuran matang.

Cukup mudah bukan? ya, saya rasa kamu dapat dengan mudah untuk membuat crepes ala rumahan ini. Prosesnya pun tak memakan waktu yang panjang. Bila dilihat dari bahan resep membuat crepes, pastinya kamu dapat dengan mudah untuk mendapatkannya. Bahkan terbilang bahan-bahannya cukup umum, pastinya kamu tak akan menemui kesulitan yang berarti. Menariknya dalam pengolahannya, kamu ppun dapat menambahkan variasi isian sesuai kreasi dan selera kamu. Cukup menyenangkan bukan? selain memiliki rasa renyah, tenyata dalam pembuatannya kamu juga dapat menyalurkan bakat kreatif yang kamu miliki. Mungkin saja tak disangka, nantinya kamu dapat menciptakan kreasi baru dalam variasi dari hidangan ini. 

Sajikanlah olahan crepes ala rumahan kamu, pada anggota keluarga terkasih. Tentunya hal tersebut membuat kian rasa bangga dalam diri kamu, selain itu juga hal positif lainnya kamu dapat berbagi kebahagiaan melalui berbagai varian menu baru dirumah. 

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal resep cara membuat crepes ala rumahan atau d crepes. Semoga apa yang telah disampaikan dapat membantu dan menambah wawasan bagi kamu, tentang aneka resep makanan rumahan dan selamat mencoba dirumah.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.