Tuesday 2 August 2016

Resep Praktis Cara Mudah Membuat Iga Barbecue atau Barbeque

Barbecue atau Barbeque adalah salah satu jenis makanan yang diolah dengan cara dibakar atau panggang. Tentu kamu sudah tak merasa asing mendengar nama olahan ini, biasanya sering kali disingkat menjadi 'BBQ'. Ya, memang seperti yang telah diketahui bahwa makanan ini termasuk salah satu masakan terfavorite. Meskipun bukan berasal dari masakan asli Indonesia, namun penggemarnya cukup banyak di negara ini.

Bagi para pecinta kuliner berbahan daging, tentunya sangat gemar menyantap makanan ini. Biasanya teknik pengolahan makanan ini digunakan untuk mengolah daging sapi, ayam, domba/kambing dan babi. Teknik memasak ini dilakukan dengan cara memanaskan daging pada alat panggang dengan media bara api atau charcoal 'sebuah batu khusus'. Memasak dengan menggunakan metode ini sangatlah populer di Amerika dan Eropa. Biasanya mereka melakukan kegiatan ini diluar ruangan atau ditaman, sambil berkumpul dan bercengkrama. Definisi lainnya ialah sebuah saus yang digunakan untuk merendam atau dioleskan pada daging sebelum dipanggang. 

Cara membuat iga barbecue atau barbeque sebetulnya tidaklah serumit yang dipikirkan. Bahkan terbilang cukup sederhana dan simple. Pada beberapa negara terdapat berbagai variasi dalam pengolahannya. Sebagai contoh di Amerika, biasanya mereka mengolah daging secara dipanggang dan diberikan jarak antara daging dan sumber panas. Hal tersebut bertujuan agar daging menjadi empuk, sehingga mudah untuk dikunyah. Kemudian metode lainnya adalah memanggang daging langsung pada sumber panas, biasanya sering disebut dengan grill.

Beberapa kunci utama pengolahan daging ini ialah teknik pemanggangan yang baik. Selain itu resep bumbu dan pemilihan daging pun dirasa cukup penting. Dalam kesempatan kali ini, saya mencoba menjelaskan tentang penggunaan iga sapi untuk diolah menggunakan teknik ini. Iga sapi selain lezat bila diolah menjadi soup, namun ternyata juga mempunyai kelezatan bila diolah dengan cara dipanggang. Bagaimana, tertarik kah kamu untuk mencoba membuatnya? simak terus artikel saya kali ini.

Pada malam hari ini, saya mencoba mengulas lebih detail perihal resep praktis cara mudah membuat iga barbecue atau barbeque. Dalam prosesnya nanti, saya mengkhususkan untuk membuat 8 porsi. Semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi kamu, yang ingin mencoba membuatnya dirumah.


iga barbecue
membuat iga barbecue sendiri

Bahan yang perlu disiapkan
  • Iga sapi 1 kg
  • Daun salam 3 lembar
  • Air 3 lt
Bumbu yang diperlukan
  • Margarin 1 sendok makan
  • Bawang merah 4 butir, haluskan
  • Bawang putih 2 siung, haluskan
  • Saus barbecue 350 g
  • Madu 1 sendok makan
  • Garam 1/2 sendok teh
Cara membuat
  • Pertama aduk semua bahan bumbu menjadi satu bagian.
  • Didihkan air, rebuslah iga bersama dengan daun salam hingga empuk. Setelah itu angkat dan tiriskan.
  • Lumuri iga dengan bumbu sebelumnya, lalu diamkan selama 1 jam agar meresap.
  • Siapkan panggangan, lalu bakar iga hingga matang.
*Tips
  1.  Agar iga lebih cepat empuk, gunakanlah panci presto.
  2. Selain di atas bara api, iga bisa juga dibakar menggunakan teflon.
  3. Agar kian nikmat, sajikanlah bersama irisan sayur buncis dan wortel rebus.
Cukup mudah bukan? ya, seperti halnya yang telah saya utarakan sebelumnya. Membuat iga barbecue atau barbeque tidaklah sesulit yang dipikirkan sebelumnya. Simple dan bahkan terkesan sangat mudah. Namun cita rasa dagingnya lezat tiada tara, tekstur empuk sehingga membuatnya mudah untuk dikunyah. Sajikan olahan makanan buatan kamu, pada orang-orang terkasih. Saat malam hari dirasa adalah waktu yang tepat untuk menyantapnya kala berkumpul bersama keluarga. Makan malam bersama berbalut cerita dan canda, tentu hal tersebut kian membuat kesan seru dan ceria. Pastinya akan menambah nilai keharmonisan dalam sebuah keluarga.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal resep praktis cara mudah membuat iga barbecue atau barbeque. Semoga membantu dan menambah wawasan bagi kamu, tentang berbagai varian dalam menu masakan sehari-hari dan selamat mencobanya dirumah.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.