Friday 29 July 2016

Bubur Sumsum atau Cara Memasak Praktis Membuat Bubur Sumsum

Bubur sumsun atau cara memasak praktis membuat bubur sumsum merupakan sebuah jajanan pasar yang namanya diambil karena warna putih yang menyerupai sumsum pada tulang manusia. Bubur sumsu dirasa sangat pas bila disantap kala pagi hari sebagai sarapan.

Pada sejarah awalnya, dahulu bubur sumsu merupakan panganan yang berasal dari kebudayaan Jawa. Namun tau kah kamu, bahwa bubur sumsum bukan hanya terdapat di Indonesia saja? ya, sebetulnya bubur sumsum terdapat pula di beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Hongkong dan Taiwan. Bahkan beberapa waktu lalu, Malaysia pernah mengklaim bahwa panganan ini merupakan bagian dari kebudayaan mereka. Secara spontan hal tersebut sempat memancing protes keras dari pihak Indonesia. Terlepas dari hal tersebut, bumbur sumsum memang menjadi favorite banyak orang.

Bubur sumsum terbuat dari tepung beras dan dalam penyajiannya dituangkan saus gula pada bagian atasnya. Memang untuk rasa bubur itu sendiri sedikit terasa hambar, namun bila disantap dengan gula barulah tercipta cita rasa yang unik. Dalam proses pembuatan bubur sumsum, sebetulnya cukup mudah dan simple. Tertarik untuk membuatnya? 

Pada malam hari ini, saya mencoba untuk mengulas perihal bubur sumsum atau cara memasak praktis membuat bubur sumsum. Semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi kamu, yang ingin mencoba membuatnya dirumah.

Bubur Sumsum atau Cara Memasak Praktis Membuat Bubur Sumsum

bubur sumsum
membuat bubur sumsum

Bahan-bahan yang perlu disiapkan
  • Susu kedelai 500 ml
  • Tepung beras 5 sendok makan
  • Garam secukupnya
  • Daun pandan 1 lembar
Bahan Saus
  • Gula merah 75 g
  • Air 100 ml
 Cara membuat
  • Pertama rebus susu kedelai, tepung beras, garam dan daun pandan. Aduk-aduk diatas appi yang kecl hingga mengental dan matang.
  • Setelah dirasa cukup matang, matikan api dan sisihkan.
 Cara membuat saus
  • Rebus gula merah dan air hingga mendidih. Aduk perlahan-lahan hingga gula benar-benar larut.
  • Setelah mendidih, matikan api dan saringlah saus gula tersebut.
  • Sajikan bubur sumsum dan tuanglah saus gula diatasnya. 
Bagaimana, cukup mudah bukan? ya, dalam proses pembuatannya memang bubur sumsum terbilang cukup simple. Tak butuh teknik ataupun bumbu khusus, mungkin itulah salah satu sebab mengapa bubur sumsum kian memasayarakat. Selain faktor tersebut, rasa bubur sumsum memang sangat familiar dan masuk terhadap selera masyarakat Indonesia. Maka tak heran, jika jajanan ini menjadi sangat populer. Kamu dapat menyajikan bubur sumsum buatan kamu pada keluarga, dan kamu juga dapat menambahkan batu es ataupun candil serta pacar cina. Tentu akan terasa nikmat, sangat pas bila disantap kala siang hari.

Dengan kamu menyajikan jajanan ini, secara tidak langsung kmu ikut melestarikan dan memperkenalkan pada generasi selanjutnya tentang salah satu makanan tradisional nusantara. Agar kelak tak akan terjadi kembali klaim terhadap kebudayaan nusantara. Banyaknya dari peristiwa-peristiwa yang telah lalu, anggaplah sebagai sentilan terhadap kita semua, agar sedikit lebih peduli akan identitas dan jati diri Indonesia. Semoga kita kelak menjadi bangsa yang lebih bermartabat dan arif.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal bubur sumsum atau cara memasak praktis membuat bubur sumsum. Semogga dapat membantu dan menambah wawasan kamu, tentang berbagai aneka resep makanan rumahan yang bercita rasa lezat nan bergizi dan selamat mencoba dirumah.
Kamu juga dapat membaca cara membuat bubur manado dan bebek peking.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.